PT TIRTO SIBAYAKINDO AQUA GROUP BERASTAGI


Dosen Penanggung Jawab :

Dr. Agus Purwoko, S. Hut., M. Si

Oleh 
Yogi Perdana Harahap  151201057









PROGRAM STUDI KEHUTANAN
FAKULTAS KEHUTANAN
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2018








   Di jaman yang semakin maju seperti ini banyak sekali ditemukan perusahaan-perusahaan besar berskala nasional maupun internasional. Semua ada karena bisnis semakin hari semakin berkembang pesat terutama dibidang perindustrian. Banyaknya perusahaan yang berdiri memberikan dampak positif karena dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar yang dapat menopang kehidupan mereka 
    Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup yang ada di bumi. Bahkan ada kutipan kalimat “dimana ada air, di situ pasti ada kehidupan”. Air memang sangat penting keberadaanya bagi semua makhluk hidup baik tumbuhan, hewan dan manusia. Tumbuhan tidak dapat tumbuh baik jika kekurangan air. Jika hal itu terjadi maka tumbuhan akan layu dan akhirnya mati. Begitu juga dengan hewan, air sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. 
       Manusia merupakan makhluk hidup yang paling tidak bisa tanpa air. Bagi manusia air sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mencuci, mandi dan paling utama adalah untuk minum. Jika manusia kurang minum maka tubuh akan merasa lemas, jadi manusia banyak sekali mengkonsumsi air terutama air putih dan minimal sehari harus 2 liter. Sehingga air merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga sekarang ini banyak sekali perusahaan yang memproduksi air mineral dalam kemasan dengan segala merek seperti Aqua, Aguaria, Ades, Cleo, dan masih banyak lagi. Air mineral dalam kemasan yang diproduksi perusahaan perusahaan tersebut juga tidak asal. Air berasal dari daerah-daerah yang banyak mengandung air bersih dan telah teruji secara klinis dan telah diseterilkan dari kuman-kuman berbahaya melalui alat yang canggih. Tidak heran jika air mineral dalam kemasan tidak sedikit peminatnya karena dirasa sangat praktis. Bahkan tersedia juga ukuran botol kecil, sedang, besar dan galon.


     Dari sekian banyaknya merek air mineral dalam kemasan yang beredar di pasaran, Aqua adalah merek yang paling melekat dibenak konsumen. Itu semua karena Aqua merupakan merek air mineral pertama kali yang ada di Indonesia, sehingga banyak orang yang menyebut air mineral dengan nama Aqua walaupun yang diminum dengan merek lain. Aqua telah berhasil membuat mereknya selalu diingat oleh konsumen karena Aqua berasal dari sumber mata air yang terpilih dengan segala kemurnian dan kandungan mineral alami yang terpelihara.

     Aqua merupakan sebuah merek air minum dalam kemasan yang berdiri sejak tahun 1973 di Indonesia yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi. Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda. 3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi dan pabrik di Brastagi, Sumatera Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo



 Gambaran Umum

Sejarah Singkat PT. Tirta Sibayakindo Danone Aqua Group
     
 Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi Tbk di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, Singapura, dan Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda (3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi, dan pabrik di Berastagi, Sumatera Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).
     
    Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki oleh perusahaan multinasional dalam bidang makanan dan minuman asal Perancis, Grup Danone, hasil dari penggabungan PT Aqua Golden Mississippi dengan Danone. Aqua Group didirikan oleh Tirto Utomo (1930-1994), warga asli Wonosobo yang setelah keluar bekerja dari Pertamina, dan bekerja di Petronas, mendirikan usaha air minum dalam kemasan (AMDK). Tirto berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha AMDK di Indonesia, karena sebagai seorang pionir maka Almarhum berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis AMDK di Indonesia.

     Tirto mendirikan pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi, dan menamai pabrik itu PT Golden Mississippi dengan kapasitas produksi enam juta liter per tahun. Tirto sempat ragu dengan nama PT Golden Mississippi yang meskipun cocok dengan target pasarnya, ekspatriat, namun terdengar asing di telinga orang Indonesia. Sebelum bernama Aqua, dahulu bernama Puritas (nama lain dari Pure Artesian Water), yang berlogo daun semanggi. Tetapi, Eulindra Lim, mengusulkan untuk menggunakan nama Aqua karena cocok terhadap image air minum dalam botol serta tidak sulit untuk diucapkan. Ia setuju dan mengubah merek produknya dari Puritas menjadi Aqua, karena kata Puritas sulit diucapkan. Dua tahun kemudian, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46/liter

        Aqua untuk saat ini merupakan market leader dalam medan persaingan berbagai produk air mineral di Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Aqua sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas. Dalam pemasarannya, grup distribusi Aqua memiliki jaringan distribusi air mineral yang terluas di Indonesia, yang mana menembus sampai hampir ke setiap sudut kepulauan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi pasar yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin.


Visi dan Misi Perusahaan
Visi:
a. Membawa hidrasi berkualitas untuk kesehatan yang lebih baik bagi sebanyak mungkin masyarakat Indonesia melalui produk dan layanan.
b. Membangun organisasi yang dinamis, terbuka dan beretika dengan budaya pembelajaran yang memberikan kesempatan berkembang yang unik bagi para karyawan.
c. Menjadi acuan dalam pembangunan berkelanjutan, melindungi sumberdaya airnya untuk melestarikan lingkungan, memberdayakan masyarakat dan mempromosikan serta mendorong masyarakat untuk menjadi lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Misi: Membawa kesehatan melalui pangan kepada sebanyak mungkin orang.

Arti Logo Aqua


 kemasan logo aqua yang mempunyai arti dan makna

a. Tulisan Danone adalah nama perusahaan di Paris dimana perusahaan ini merupakan perusahaan yang terkenal diseluruh dunia sehingga makanan dan minuman yang diproduksi dikenal sebagai produksi internasional.

b. Tulisan Aqua dan gambar gunung yang berwarna biru, air mineral menggunakan warna biru sebagai warna dasar produknya karena warna biru menggambarkan lautan yang luas dimana lebih diartikan sebagai air.

c. Warna Aqua yang kita lihat terdiri dari 3 warna biru, pertama warna biru yang agak muda, kedua warna biru muda dan ketiga warna biru tua (gelap), Aqua terinspirasi dari lautan di pantai karena lautan di pantai juga terlihat 3 warna di mana warna biru dekat pasir, warna biru tengah-tengah lautan dan warna biru yang jauh dari pasir.


d. Tulisan Aqua yang bergelombang, karena Aqua merupakan produk air mineral sehingga jenis tulisan ditiap sisinya dibuat bergelombang seperti air.

e. Gambar gunung, menggambarkan ke pelanggan kalau sumber air Aqua ini berasal langsung dari pegunungan yang diolah untuk di minum.


Kisi Kisi Keberhasilan

        PT Tirto Sibayakindo yang merupakan perusahaan dari sebuah produk yang memanfaatkan sumber daya hutan berupa jasa lingkungan yaitu air , ialah sosok jenius dibalik suksesnya perusahaan yang dibawahinya produk yang sangat diunggulkan yaitu berupa air kemasan yang bernama AQUA . Aqua merupakan sebuah produk air kemasan yang banyak beredar di indonesia, malaysia, dan brunei darusalam. Saat ini aqua sudah mempunyai 14 pabrik yang tersebar di indonesia Tirto Utomo , Beliau ini adalah orang Wonosobo , dulunya beliau ini bekerja di Wonosobo, kemudian kerja di Petronas lalu dia mendirikan usaha air minum dalam kemasan ini.  Tirto berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha AMDK di Indonesia, karena sebagai seorang Pioneer maka Almarhum berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis AMDK di Indonesia.


      Aqua untuk saat ini merupakan market leader dalam medan persaingan berbagai produk Air mineral di Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Aqua sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar.
       Seperti yang kita tahu bersama kalau metode promosi aqua itu hebat banget kaarena media yang digunakan bener- bener efektif, seperti iklan di media elektronik dan cetak, selain itu juga aqua banyak banget mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas ,aqua juga mempunyai bentuk kemasan yang unik sekaligus menarik dikarenakan aqua selalu selalu update dalam hal kemasan yang dimiliki ,kemasan yang dimiliki aqua selalu berganti setiap tahun nya hal ini tentu menambah daya tarik konsumen untuk membelinya 



foto kemasan aqua yang unik dan menarik

Buat distribusinya sendiri grup distribusi Aqua memiliki jaringan distribusi air mineral yang terluas di Indonesia, ga percaya ? Aqua itu sampe bisa menembus sudut kepualuan ( temen TS yang di Papua aja tau merek Aqua), mereka punya gudang banyak, karena jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi pasar yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran.
Banyak dari kita masyarakat indonesia yang menyebut air minum kemasan sebagai aqua padahal air minum kemasan yang dimaksud bukanla aqua , hal tersebut terjadi diakibatkan karna aqua merupakan sosok kemasan yang mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat 


Keunggulan Produk
     keunggulan yang dimiliki Aqua selalu mementingkan kualitas yang tentunya lebih baik dari produk air kemasan manapun hal ini  dikarenakan aqua didukung alat alat yang canggih serta tenaga kerja yang berpengalaman  disamping dari itu aqua adalah  salah satu perusahaan yang mengedepankan pelayanan yang mana aqua dapat mengirimkan produknya sampai ke desa terisolasi sekalipun . Dalam hal pemasaran aqua dapat diajungi jempol dikarenakan keseriusan nya dalam menyebarkan produk sampai ke luar negeri sakalipun 
    Air yang bersih dan sehat yang menjadi bahan baku dari aqua yang langsung berasal dari kaki gunung , penggunaan air minum alami yang membedakan air kemasan aqua berbeda dengan air kemasan merek lain ,pada dasarnya aqua tidak mau merusak apa yang disediakan oleh alam, dan karena itu aqua selalu mengedepankan kesejahteraan bersama dan tidak ada pihak yang dirugikan untuk itu aqua mereapkan tahapan proses atau tahapan yang maupun proses terlaksana sesuai standart kehati hatian yang tinggi sejak dari pemilihan air alami, proses produksi dan proses pengemasan seluruh proses dijalankan steril dan penggunaan bahan kemasan dipilih dari jenis plastik yang tidak membahayakan

Berikut Kelebihan aqua dengan merk lain
         Setiap sumber mata air pegunungan harus memenuhi 9 poin kriteria yang kemudian  melewati 5 tahap proses seleksiyang ketat selama kurang lebih 1 tahun sebelum akhirnya dapat menjadi mata air AQUA. Tidak heran apabila kualitas AQUA merupakan yang terbaik ,Setiap tetes AQUA mengandung mineral alami yang seimbang , Berasal dari sumber mata air terpilih dan terlindung ,  Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih,  AQUA merupakan merek minuman yang sudah terpercaya hingga puluhan tahun     sebagai merek terbaik



foto pendistribusian aqua  menggunakan kereta api

Komentar